Monday, June 2, 2014

Happy Diet : 10 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Mood

Posting saya kali ini berhubungan lagi dengan makanan dan diet, topik ini memang bisa meningkatkan mood saya juga :-) tuk rajin menulis, hehehe *apa iya. Bukan rahasia bahwa emosi mempengaruhi bagaimana orang makan. Mungkin anda lelah, sedih, stres juga dan hanya ingin makan segala sesuatu yang terlihat enak dan menggiurkan, sehingga membuat tidak terkontrol akhirnya ada perasaan menyesal setelah memakannya, hasilnya adalah perut kembung dan meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Sedih, galau dong karena proses diet gagal. Ternyata benar juga ya kalo what you eat can affect your emotional state, apa yang kita makan dapat mempengaruhi keadaan emosi kita. Berikut adalah sepuluh makanan yang dapat dengan cepat memperbaiki mood Anda. Tambahkan makanan ini untuk makanan Anda untuk lebih sehat, lebih bahagia, bebas dari rasa bersalah Anda. Yuk disimak :


1. Pisang

Pisang mengandung sumber triptofan, sehingga makanlah satu atau dua buah pisang setelah sarapan sehari-hari. Jika Anda lelah, lesu, atau hanya tidur, pisang dapat segera memperbaiki mood Anda dan membantu Anda bersantai. Pisang juga merupakan makanan ringan juga lho

2. Karbohidrat Kompleks / Oatmeal 
Karbohidrat kompleks memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga tidak menyebabkan gula darah cepat meroket. Ini berarti tidak akan memicu perubahan mood. Karbohidrat kompleks juga akan meningkatkan level serotonin di otak. Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, gandum, bekatul, pasta, dan sebagainya.
Kelebihan mengkonsumsi gula dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, hingga akan terus meninggi dan meningkat hingga sulit dikendalikan. Gula bukan hanya berarti berbentuk gula pasir lho, tapi bisa berbentuk makanan atau minuman yang mengandung gula. Mengkonsumsi oatmeal dapat mengatur gula darah dalam tubuh. Karena oatmeal bisa melepaskan energi ke dalam darah jauh lebih lambat, dan membantu menjaga kadar gula darah serta membuat suasana hati jauh lebih stabil.

3. Teh Hijau
Teh hijau adalah alternatif yang sempurna karena berisi theanine untuk membantu Anda menenangkan diri, juga membantu meningkatkan kemampuan otak untuk fokus. Terbaik dari semua, kandungan kafein dari teh hijau minimal, sehingga Anda mendapatkan manfaat tanpa efek samping.
Konsumsi teh hijau bertindak seperti antidepresan dengan mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Hal ini juga mempercepat neurotransmiter yang membantu dalam meningkatkan emosi positif dan mengurangi emosi negatif. Hal ini membantu dalam menyingkirkan depresi.

4. Telor
Makanan yang kaya akan vitamin B seperti telur dan kuning telur telah terbukti mengatasi gejala depresi berat. Vitamin B, terutama B6 dan B12 membantu meningkatkan fungsi saraf yang mengatur mood. Protein dalam telur dan daging tanpa lemak juga membantu rasa kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah.

5. Ikan laut dalam
Ikan laut dalam seperti salmon, tuna, herring, atau makarel, merupakan sumber asam lemak omega-3. Alternatif lainnya adalah suplemen yang mengandung omega-3. Makanan sumber omega-3 DHA telah terbukti meningkatkan kualitas membran dan fungsi saraf di area otak abu-abu yang 20 persennya terdiri dari DHA.
Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi DHA yang cukup akan berpengaruh pada beberapa area otak yang berkaitan dengan mood. Orang-orang yang menderita depresi berat pada umumnya kekurangan area abu-abu di bagian otak tersebut.
 6. Cabai
Ingin terburu-buru dengan makan siang atau makan malam? Tambahkan beberapa cabai! Panas dari cabai menyebabkan pelepasan endorfin di otak. Endorfin membuat Anda bahagia, sehingga membuat suasana hati nyaman.
Rempah-rempah lainnya bekerja, juga. Kunyit membantu stres yang lebih rendah, misalnya. Tambahkan rempah-rempah ini untuk makanan Anda dan merasa lebih baik langsung.
 7. Bayam
Alternatif untuk menstabilkan emosi salah satunya adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini tinggi folat dan membantu meningkatkan produksi serotonin. Itu berarti Anda mendapatkan dorongan suasana hati sangat dibutuhkan untuk membuat Anda terjaga dan siap untuk sisa aktivitas.
Bayam juga membantu meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke otak, sehingga Anda akan lebih lamban. Ini membantu meningkatkan konsentrasi dan memori, juga. Ambil salad bayam untuk camilan sore dan merasa bersemangat.
 

8. Apel
Selain bayam, apel juga buah yang sangat baik untuk diet dan menjaga mood. Karbohidrat dari buah ini dapat memberikan dorongan energi yang baik, mengurangi suasana yang sedang down. Apel juga menu buah pencuci mulut yang bermanfaat untuk mengurangi gula dalam darah, karena kandungan karbohidrat komplek dalam apel akan memecahkan kandungan gula dalam darah.
 9. Coklat
Coklat??? Ya memang benar coklat dapat mestabilkan suasana hati. Coklat sendiri bisa menurunkan tekanan darah sehingga mood pun bisa terkedali. Sepotong kecil cokelat hitam dapat dengan mudah menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, sehingga Anda lebih santai berkat pengurangan kecemasan.
10. Susu Rendah Lemak / Susu Kedelai
Produk susu kedelai juga kaya akan kandungan tryptophan dan asam amino yang dibutuhkan otak untuk membuat hormon serotonin. Selain itu, juga mengandung antioksidan, vitamin D, vitamin B12 yang membantu melawan stress dan penuaan dini.
 Sekian sharing saya kali ini, semoga bisa berguna bagi program diet dan mood anda. Happy diet ^^

No comments:

Post a Comment