Monday, January 17, 2011

Ternyata Ada Juga ya Kerupuk Lidah Buaya

Barusan nonton acara cita-citaku di TRANS7, judulnya mengibaratkan jika yang nulis artikel ini baru tahu ya...:-) Memang sih aku baru tahu kalo ternyata lidah buaya bisa dibikin olahan lain selain minuman dan lain-lain, sangat kreatif sekali ya. Untuk mengolah kerupuk lidah buaya, bukan asal lidah buaya lho. Lidah buaya yang dipilih adalah yang besar alias super. 

Bagi Anda yang suka camilan, tidak ada salahnya mencoba membuat kerupuk lidah buaya. Rasanya pasti gurih dan memiliki peluang sebagai usaha baru. Seperti yang dilakukan Pini Sri (45), warga Dusun Sragi Tengah Desa Sragi Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Untuk membuatnya, tak memerlukan peralatan dan bahan yang rumit. Yang dibutuhkan cukup daging lidah buaya secukupnya, berasal dari tanaman berusia sekitar 3 bulan, tepung tapioka serta garam sebagai penyedap rasa bisa juga ditambahkan telur ayam lho.

Cara pengolahannya
  • Ambil lidah buaya secukupnya, lalu ambil dagingnya kemudian iris kurang lebih 1 cm. 
  • Cuci hingga bersih dan tidak ada lagi lendirnya karena lendir dari daging lidah buaya bisa menyebabkan adonan menjadi pahit.
  • Irisan daging lidah buaya cukup diblender hingga halus. Selanjutnya blenderan daging lidah buaya itu dicampur dengan tepung tapioka, garam, bisa juga ditambah telor ayam dengan perbandingan yang sesuai. 
  • Tuang dipanci/wajan sampai kalis, selanjutnya adonan tersebut dikukus hingga mengeras.
  • Diamkan semalaman hingga adonan mengeras. Setelah mengeras adonan  bisa diiris atau dibentuk sesuai selera.
  • Untuk menghilangkan kandungan air, adonan yang sudah mengeras tersebut dijemur diterik matahari antara 3 - 4 jam lamanya. Apabila cuaca tidak bersahabat karena mendung/hujan, irisan adonan lidah buaya bisa dioven.
  • Adonan pun siap digoreng
Ternyata cukup mudah juga ya cara memasaknya. anda tertarik silahkan dicoba




No comments:

Post a Comment