Wednesday, December 18, 2013

10 Tips Cara Efektif Membakar Lemak di Perut

Sepertinya memang masalah lemak di perut ini yang ga ada habis-habisnya tuk dibicarakan, soalnya saya mungkin termasuk anda juga punya masalah tersebut, apalagi setelah lahir 2 putri dari rahim saya hihihi... sayapun selalu berusaha untuk yang terbaik agar perut tidak seperti hamil 5 bulan, tidak harus sixpack juga sih, kl bisa rata alhamdullillah....*ngarep.com*. Setelah searcing di mbah google ketemu jg nih beberapa tips cara efektif membakar lemak di perut dan saya rangkum nih dari berbagai sumber.
Nah, lemak di perut tidak hanya masalah kesehatan yang serius tapi juga hambatan dalam memiliki tubuh indah. Namun, jika Anda memiliki lemak perut orang-orang tidak akan melihat mereka. Jadi, itu membutuhkan waktu yang lama untuk membakar lemak perut. Lemak di perut sebenarnya merupakan tipe lemak yang paling berbahaya, karena garis pinggang yang besar adalah indikator dari adanya penyakit, seperti jantung dan diabetes. Untuk menghancurkan lemak di perut, dibutuhkan lebih dari sekedar sit-up lho teman!
 
Penimbunan lemak di perut terjadi ketika tingkat kortisol tinggi. Stres adalah salah satu penyebab utama tingginya sekresi kortisol. Saat ini terjadi, kortisol memecah otot dan memasukkannya ke dalam penyimpanan lemak di daerah perut. Stres bisa menjadi lebih parah bila ditambah dengan pola makan salah. Studi menunjukkan bahwa stres yang disebabkan oleh salah diet bisa meningkatkan kadar kortisol, dan tidak akan membuat perubahan pada lemak di perut walaupun Anda melakukan pembatasan kalori.

Jadi, bagaimana caranya membakar lemak di perut? Coba terapkan 10 hal di bawah ini untuk mendapatkan perut yang rata:

  1. Hindari makanan asin. Kebanyakan orang menyukai makanan asin Namun jika Anda benar-benar ingin membakar lemak perut Anda harus mengurangi asupan makanan Anda asin. Anda lihat, garam memegang air dan garam lebih banyak yang Anda lakukan dalam, air lebih akan disimpan dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda ingin membuat perut anda six pack, Chandra Ekajaya menyarankan untuk tidak makan makanan yang asin.
  2. Perbanyak menkonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung serat prebiotik untuk memperlancar proses pencernaan.
  3. Latihan singkat. 1.000 sit-up per malam mungkin membuat otot perut anda kuat, tetapi dengan lapisan penuh lemak, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Di luar semua sit-up tersebut, lakukanlah latihan yang melibatkan beberapa kelompok otot dan sistem kerja kardiovaskuler Anda. Cobalah ambil posisi push-up, dengan menaruh lengan di lantai. Cobalah 3 atau 4 set dengan menahannya selama 30 detik. Anda bisa menambahnya dengan tetap aktif sepanjang hari bergerak sepanjang hari dan jangan malas untuk berjalan. Atau Aktif secara fisik dengan melakukan latihan cardio. Bangun pagi-pagi setiap hari dan membakar lemak perut dengan melakukan beberapa latihan cardio. Ada banyak latihan cardio yang anda dapat pilih, seperti lari, berenang, menari, aerobik dan rollerblade. Anda dapat melakukan semuanya secara bergantian jika Anda ingin, sehingga Anda tidak akan bosan.
  4. Mengadaptasi pola makan kurang dan lebih. Bingung? Maksudnya adalah, jika anda ingin membakar lemak perut Anda perlu makan lebih sedikit setiap makan, namun kabar baiknya adalah Anda bisa makan lebih banyak makanan setiap hari. Coba konsultasi spesialis diet jika Anda tidak yakin tentang mengadaptasi pola tersebut.
  5. Gula adalah musuh terbesar. Memerangi lemak di perut diperlukan 80% diet sehat. Kurangi kalori dengan mengisi perut Anda dengan protein, sayuran, biji-bijian dan mengganti kebiasaan buruk makan makanan kecil dengan makanan yang lebih sehat. Misalnya, bila Anda ingin mengonsumsi gula, triknya adalah dengan menaburi kayu manis pada kopi atau mengonsumsi oatmeal yang telah terbukti membantu menstabilkan gula darah.
  6. Makan lemak. Yeees! Anda membutuhkan lemak untuk membakar lemak, karena gula-lah yang membuat Anda gemuk, bukan lemak. Lemak yang baik terdapat dalam makanan yang kaya akan Omega 3, seperti salmon, alpukat dan kenari. Makanan ini adalah makanan penuh dengan nutrisi yang membantu Anda tetap merasa kenyang sepanjang hari.
  7. Mengumpulkan daftar lemak Trans yang dilarang. Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang diproduksi secara sintetis. Dengan kata lain, ini merupakan lemak alami yang dapat terakumulasi dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Lihatlah label makanan yang Anda akan membeli. Hindari produk yang mengandung “shortening” atau “terhidrogenasi parsial” atau “minyak nabati terhidrogenasi”. Chandra Ekajaya menemukan beberapa label produk mungkin janji-janji yang tidak mengandung lemak Trans tetapi Anda harus memastikannya tidak bohong.
  8. Jangan melewatkan sarapan. Ini adalah sangat diabaikan latihan untuk membakar lemak perut. Kebanyakan orang sekarang tinggal di dunia stres dan selalu mengabaikan makan pagi. Jangan pernah melewatkan sarapan Anda dan pastikan untuk menambahkan beberapa buah-buahan dan yoghurt untuk itu. Dan jus buah segar juga.
  9. Perlambat nafas. Ini adalah metode sederhana yang dapat digunakan bahkan ketika Anda sedang melakukan pekerjaan lain. Kebanyakan orang yang sedang mengalami stres biasanya bernapas dengan tempo yang cepat. Setelah mengenali bagaimana tempo pernapasan Anda, rileks-an perut dan perlambat pernapasan. Hal ini akan bekerja lebih baik jika Andafokus pada memperlambat penghembusan napas daripada pengambilan napas. Pada setiap penghembusan napas, Anda bisa mengingatkan diri untuk memperlambatnya. Semua ini adalah langkah-langkah sederhana namun sangat efektif!
  10. Perbanyak minum air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk tujuan memperlancar proses metabolisme tubuh.

No comments:

Post a Comment