Wednesday, July 2, 2008

Apa Itu Internet Marketing?

Anda penah mendengar tentang Internet Marketing? Atau anda sudah paham akan maknanya?
Internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk/jasa anda lewat internet.

Contoh : Larasati punya Toko Komputer, yang bernama ”Global Computer”. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan/customer yang datang ke ke tokonya, selain melakukan offline marketing (marketing dengan cara konvensional seperti menyebarkan brosur, pasang spanduk besar di depan toko), ia juga melakukan internet marketing, yaitu memasarkan Toko computernya lewat internet.

Menurut anda apakah bisa??? Ya, jawabannya tentu saja bisa.

Larasati pasang iklan di berbagai tempat di internet. Lalu orang yang membaca iklannya akan mengetahui Toko komputer ”Global Computer” punyanya Larasati. Jika ada orang yang tertarik setelah membaca iklan tersebut, ia akan ke Global Computer, syukur-syukur kalau tertarik untuk membeli produknya ia akan jadi pelanggan di toko tersebut.

Gampang kan?

Namun beberapa tahun terkahir, terutama di negara maju seperti di US, banyak orang telah menggunakan Internet Marketing sebagai medium untuk mencari uang lewat internet. Jadi walaupun ia tidak punya toko/bisnis offline, ia pun bisa ikut terjun di Internet Marketing untuk mendapatkan uang. Itu yang disebut dengan Affiliate Marketing.

Sebenarnya, segala macam barang bisa dipasarkan secara online (melalui internet). Apapun yang bisa dijual melalui katalog cetak, bisa dijual juga di Internet. Jika pelanggan memang harus melihat barang sebelum membelinya, maka kemungkinan Anda juga tak bisa menjualnya di katalog cetak atau secara online. Pada pokoknya, Anda bisa memasarkan/menjual hampir apa saja di internet. Paham ??

Tetapi kenapa harus internet marketing?? Apa sih keuntungannya???

1 comment:

  1. Dengan Formula Bisnis anda akan tahu bagaimana mengembangkan bisnis yang mulai anda rintis ini. simak juga bagaimana kata teman-teman member FormulaBisnis ketika berkumpul di www.JokoSusilo.com.

    ReplyDelete